Tips dan Cara Packing Peralatan Kantor dengan Aman

Berikut adalah pembahasan detail tentang bagaimana cara melakukan pengepakan barang-barang kantor yang tentunya akan memberikan beberapa manfaat, seperti hemat biaya karena tidak memerlukan jasa packing barang.

1. Pahami Karakter Barang

Tidak hanya orang, barang juga memiliki karakter yang harus dikenali oleh si pemilik. Yang termasuk ke dalam karakter barang adalah mudah terbakar, barang pecah belah, kain, elektronik dan yang lainnya. Berikut adalah rangkuman peralatan kantor berdasarkan karakternya.

  • Barang pecah belah: gelas, piring, mangkuk, vas bunga, dan cangkir.
  • Barang elektronik: komputer, server, laptop, air conditioner, mesin fotocopy, monitor, TV, dan printer.
  • Kain: banner, seragam, payung, tas, koper dan karpet.

Barang mudah terbakar: meja kantor, kursi kantor, papan tulis, bahan kimia, dan parfum. Dalam hal meja, kursi dan papan tulis dapat disebut sebagai barang keras.

2. Gunakan Material Packing dengan Tepat

Tidak semua barang memiliki jenis packing pengiriman produk yang sama. Itulah kenapa kita harus memahami karakter barang terlebih dahulu sebelum dikemas. Pada umumnya, jenis material packing ada 5, yaitu kantong plastik/kertas pembungkus, bubble wrap, styrofoam, kardus, dan peti kayu.

  • Kantong plastik dan kertas pembungkus dapat kita gunakan sebagai material packing kain, dokumen, dan buku.
  • Bubble wrap dapat kita gunakan untuk packing barang elektronik ringan, seperti sparepart komputer, laptop, dan yang lainnya.
  • Styrofoam / Sterofom atau yang biasa disebut dengan material plastik cocok digunakan untuk pengepakan elektronik berukuran besar, seperti komputer, monitor, TV, AC, dan printer. Selain karena styrofoam dapat menahan benturan keras dari benda lain, material yang satu ini juga kedap air.
  • Kardus sangat fleksibel digunakan dalam berbagai karakter barang. Seringkali kardus hanya digunakan untuk mengemas ulang barang-barang yang sudah dipacking menggunakan 3 material di atas.
  • Packing kayu dapat dijadikan sebagai alternatif bagi kita yang ingin mengirim barang lebih aman dari guncangan dan goresan benda lain.

Lalu, bagaiamana dengan pengepakan meja, kursi dan papan tulis kantor? Kita cukup melapisinya dengan kain kering dan eratkan menggunakan selotip. Pada bagian seluruh pojoknya gunakan sterofom dan eratkan juga menggunakan selotip untuk menghindari benturan dengan benda lainnya yang dapat mengakibatkakn benda lainnya rusak.

3. Beri Label pada Masing-masing Pack

Pemberian label dapat menggunakan kertas biasa yang dieratkan pada kemasan menggunakan selotip. Hal ini bertujuan untuk memberikan petunjuk bagi kuli angkut yang melakukan bongkar muat terhadap barang pindahan kita.

Itulah tips untuk mempelajari bagaimana caranya melakukan pengemasan pada seluruh peralatan kantor, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami via Whatsapp