Tips Pindahan Kantor Murah dan Aman

Segala sesuatu yang dikerjakan kantor tentu harus memiliki pengukuran yang cermat agar tidak terjadi hal yang merugikan kantor. Salah satunya adalah saat ingin pindah kantor. Seluruh karyawan, termasuk atasan bagian yang memperhitungan biaya, waktu, human resource dan lain-lain perlu memiliki tips supaya saat pindah kantor tidak ada sumber daya yang hilang.

1. Rencana Matang Disertai Alasan Pindah

Kenapa kantor kita harus pindah? Apakah karena kantor memang memiliki perkembangan yang baik sehingga membutuhkan banyak sumber daya manusia yang tidak bisa ditampung di kantor yang sekarang, atau justru karena ingin lebih hemat dalam hal pembayaran kontrak gedung.

Dimulai dari sinilah, langkah-langkah selanjutnya akan menjadi lebih tepat sasaran. Pengeluarannya juga tidak akan melebihi dari yang diperkirakan.

2. Siapkan Denah Kantor Baru

Kenapa kita perlu menyiapkan denah untuk kantor baru? Denah kantor baru akan sangat berguna untuk memberikan informasi kepada seluruh karyawan dan staff tentang dimana mereka akan mendapatkan ruangan serta bagaimana cara berinteraksi dengan karyawan dari divisi lain. Karena tentunya antara satu divisi dengan divisi lainnya perlu komunikasi.

Pemetaan denah ini bisa dilakukan secara bersamaan dengan General Manager, Human Resource, Desainer, dan satu PIC masing-masing divisi.

3. Tentukan Lokasi

Pada tips bagian ini, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, yaitu bagaimana cara kita menuju lokasi kantor baru, efisiensi, track record lokasi tersebut apakah sering terjadi pencurian, pembobolan atau segala kejahatan lainnya.

4. Pilih Jenis Kontrak Kantor Baru

Bagi beberapa perusahaan yang baru mulai merintis, seperti startup, memilih jasa sewa kantor yang fleksibel lebih direkomendasikan. Terutama bagi startup yang belum memiliki dana lebih dan belum memiliki keyakinan untuk dapat berkembang lebih besar bertahan lebih lama.

5. Perhatikan Sisi Keamanan Kantor Tersebut

Sebelum yakin ingin pindah ke kantor baru tersebut, sebaiknya pilihlah kantor yang sudah menyediakan tools dan alat keamanan seperti CCTV, dan alat pemadam api kecil. Meskipun jika belum ada, kita bisa beli sendiri. Namun, lebih baik lagi jika kita lebih menghemat pengeluaran.

6. Pastikan Kantor dalam Keadaan Siap Pakai

Tidak menutup kemungkinan ada salah satu fasilitas kantor yang tidak dapat berfungsi dengan baik, bahkan justru tidak memiliki fasilitas tersebut. Apa saja? Seperti fasilitas air, toilet, tempat ibadah, AC, layar proyektor, telpon, internet, dan fasilitas lainnya.

Jika pemilik penyewaan kantor baru tersebut tidak menyediakannya, sebaiknya kita sediakan sendiri. Karena semua fasilitas ini demi kebaikan seluruh karyawan dan staff serta untuk kepentingan perkembangan perusahaan.

7. Organisasikan dengan Seluruh Tim

Pindah kantor sudah menjadi konsekuensi bagi seluruh karyawan, ajak mereka untuk bersedia mengemas barang-barangnya yang diperlukan selama bekerja. Dengan begini, kita lebih hemat biaya karena tidak memerlukan jasa angkut barang yang ada di luar.

8. Gunakan Jasa Pindahan Kantor Terbaik

Mungkin saja kita semua bisa memindahkan seluruh perabotan kantor sendiri tanpa menggunakan jasa pindahan. Tapi membutuhkan sumber daya dan waktu yang cukup lama, maka sebaiknya kita gunakan jasa pindahan kantor yang sudah memiliki pengalaman baik dengan karirinya.

9. Perbaharui Identitas dan Sebarkan ke Relasi

Identitas seperti ID Card dan lain-lain tidak akan dibutuhkan lagi jika kita sudah menempati kantor baru. Oleh sebab itu, ubahlah secepat mungkin dan beritahukan kepada seluruh relasi kita, baik melalui kontak secara langsung, sosial media atau jalan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami via Whatsapp